Realme 6

Spesifikasi Realme 6 and 6 Pro Lengkap Beserta Harganya

Posted on

Ingin membeli smartphone Realme 6 dan 6 Pro? Sebaiknya cek terlebih dahulu spesifikasi lengkapnya di halaman ini, jadi Anda sudah tahu bagaiamana spek dan fitur yang ada pada smartphone yang ingin Anda beli.

Realme 6 and 6 Pro kini dengan spesifikasi yang lebih mengesankan. Dengan merebaknya virus corona tak membuat Realme mengurungkan peresmian ponselnya di India. Hanya saja peresmian ini dilakukan secara online serta tanpa perayaan yang meriah.

 

Pada kedua ponsel yang satu ini pun memiliki kemiripan body desain. Keduanya hadir dengan tampilan nyentrik dengan balutan skema warna gradasi yang keren. Tak hanya itu, ponsel ini juga menghadirkan layout modul kamera yang cukup identik.

 

Lantas seperti apa saja spesifikasi yang dihadirkan oleh Realme 6 and 6 Pro ini? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

 

Body Ponsel Realme 6 and 6 Pro

Realme 6 and 6 Pro

 

Pada bagian body dari kedua ponsel ini memang memiliki banyak kemiripan. Namun begitu, keduanya memiliki pola ukiran yang berbeda satu sama lain. Yang mana Realme 6 memakai garis desain dengan gaya Comet, sedangkan pada Realme 6 Pro hadir dengan gradasi warna yang cukup Lighting.

 

Realme sendiri memang bukan menghadirkan fitur yang paling baru. Akan tetapi pada ponsel ini untuk pertama kalinya menghadirkan fitur mid-range. Yakni sebuah teknologi refresh dengan rate 90 Hz. Realme menamakannya sebagai Ultra Smooth Display yang mampu menghasilkan pengalaman visual lebih halus, jika dibandingkan dengan refresh rate 60 Hz saja secara konvensional.

 

Kemudian pada Realme 6 and 6 Pro juga kompak mengusung panel IPS dengan resolusi yang sudah full HD+. Namun perbedaan antara kedua ponsel ini cukup bisa dilihat, yakni pada layar Realme 6 memiliki 6,5 inchi dengan proteksi Corning Gorilla Glass 3. Sedangkan pada Realme 6 Pro mengusung layar sebesar 6,6 inchi dengan lapisan yang sudah disertai Corning Gorilla Glass 5.

 

Kamera yang Menggemaskan

Realme 6 and 6 Pro 2

Pada Realme 6 dan juga Realme 6 Pro sama-sama mengusung kamera dengan konfigurasi empat lensa. Lensa tersebut dikepalai oleh sensor 64 MP milik Samsung GW1. Hanya saja lensa lainnya tidak memiliki spesifikasi yang sepenuhnya sama satu sama lain.

Pada kamera Realme 6 sudah dilengkapi dengan fitur sensor ultra wide 8 MP. Sensor monokrom 2 MP, dan juga sensor makro 2 MP.. Adapun beberapa fitur lain yang bisa Anda nikmati adalah Super Nightscape 2.0 yang dapat mengombinasikan chip pengolah gambar serta optimalisasi algoritma agar menghasilkan foto low-light yang terang.

 

Terdapat pula UIS Max, teknologi image stabilization terbaru pada Realme untuk merekam video agar lebih stabil dengan sudut pandang yang lebar. Kemudian terdapat pula Soloop yang bisa merekap video pendek serta mengeditnya dengan memasukkan musik latar yang bagus.

 

Pada Realme 6 Pro sendiri sudah didukung dengan sensor ultra wide sebesar 8 MP, sensor 2 MP, dengan sensor telephoto 12 MP. Tersedia pula fitur kamera serta video yang sama dengan Realme 6. Diantaranya yakni Panoramic Mode, Expert Mode, Chroma Boost, Ultra Wide Mode, dan juga UIS Max Video Stabilization.

 

Namun, pada model yang paling tinggi ponsel ini memiliki kapabilitas digital zoom 20x lipat dengan fitur Super Nightscape 3.0. Dengan fitur tersebut, Anda bisa memperoleh gambar dengan tingkat redup atau low light berupa format RAW. Terdapat pula Tripod Mode bagi Anda yang suka mengambil foto dengan long exposure pada malam harinya.

 

Tentu saja pada kamera selfie Realme 6 Pro bisa dibilang lebih istimewa jika dibandingkan dengan Realme 6 biasa. Tak hanya itu, hal ini terbukti dengan sistem dual lensa yang dimilikinya yakni sensor 8 MP ultra wide dan sensor 16 MP. Sementara pada Realme 6 hanya dibekali dengan sensor 16 MP tunggal saja.

 

Memori dan Prosesor

Oppo Realme 6 Pro

Pada ponsel Realme 6 tampak mengikuti jejak Redmi Note 8 Pro yang mengemas chipset berupa MediaTek Helio G90T. Chipset ini sendiri telah dirancang dengan litografi 12 nm yang berhasil meraih skor AnTuTu (v8) sebesar 280 ribuan. Ponsel ini sendiri memiliki banyak pilihan RAM, yakni 4 GB, 6 GB, dan 8 GB. Sementara memori internalnya sebesar 64 GB dan 128 GB dengan tipe UFS 2.1.

 

Kemudian pada ponsel Realme 6 Pro menjadi ponsel pertama di dunia dengan tenaga chipset Snapdragon 720 G. Chip yang cukup mutakhir ini sendiri dibuat dengan proses manufakturisasi 8 nm sehingga ponsel ini cukup bertenaga dan juga hemat daya. Adapun pilihan RAM sama layaknya Realme  hanya saja tanpa RAM 4 GB.

 

Sistem Operasi Realme 6 and 6 Pro

Realme 6 Pro

Realme UI dijadikan pilihan sebagai antarmuka kedua yang menemani sistem Android 10. Dengan beberapa fitur tersebut, Anda bisa memanfaatkan fitur antarmuka terbarunya. Diantaranya seperti cuplikan layar partial, Dark Mode, perekam layar dengan audio internal, double tap untuk mengunci layar, hingga smart protection.

 

Pada Realme 6 sendiri tersedia dalam dua warna pilihan, yakni Comet White dan Comet Blue. Sedangkan pada Realme 6 Pro hadir dengan beberapa varian warna, yakni Lighting Orange dan Lightning Blue. Tentu saja kehadiran kedua ponsel tersebut cukup dinanti oleh setiap penggemarnya yang ada.

 

Realme 6 tersedia dalam pilihan warna Comet Blue dan

 

Comet White. Di sisi lain, Realme 6 Pro menawarkan diri dengan varian Lightning Blue dan Lighting Orange. Kedua smartphone ini akan dijual mulai pertengahan bulan ini di India.

 

Jadi, bagaimana apakah Anda sudah memiliki ketertarikan dari beberapa warna Realme di atas? Baik Realme 6 maupun Realme 6 Pro semuanya cukup bagus dan layak untuk dijadikan pilihan. Di Indonesia sendiri Anda bisa menunggunya dalam waktu dekat untuk bisa memperolehnya.

 

Kapasitas Baterai dan Fiturnya

Realme 6

Realme kali ini menyamakan kapasitas baterai untuk kedua produk baru mereka. Dengan kapasitas baterai yang tertanam sebesar 4.300 mAh tentu terbilang cukup besar dalam kelasnya. Tak hanya itu, terdapat pula fitur lainnya seperti Flash Charge 30 W. Dengan fitur tersebut, Anda bisa melakukan pengisian ulang baterai dari 0% hingga 100% hanya dalam waktu 1 jam saja.

 

Tak hanya itu, Anda sebagai pengguna juga bisa mengakses tombol sidik jari kapasitif yang sudah terintegrasi pada tombol daya di sampingnya. Kecepatan baca sidik jari ini sendiri cukup cepat dengan waktu hanya 0,29 detik saja untuk memindainya.

 

Tersedia pula fitur GPS Dual-frequency yang siap memberikan arahan dengan cukup presisi berkat adanya penyaluran sinyal yang lebih stabil dan kuat. Bahkan saat Anda berada dalam lingkungan yang paling padat sekalipun.

Tentunya, dengan spesifikasi yang cukup lengkap di atas bisa membuat penjualan kedua ponsel tersebut cukup laris. Terdapat tiga varian harga dari Realme yang ditawarkan. Semuanya tergantung pada RAM dan memori internal yang akan Anda pilih.

 

Masing-masingnya yakni 4 GB/64 GB dengan harga sekitar Rp 2,5 juta, kemudian 6 GB/12 GB dengan harga sekitar Rp 2,9 juta, serta terakhir 8 GB/128 GB dengan harga sekitar Rp 3,1 juta saja. Tentu saja harga ini masih terbilang murah mengingat spesifikasinya yang cukup lengkap. Jadi, bagaimana apakah Anda cukup tertarik untuk memilikinya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *